Karakterisasi Senyawa Organik Bahan Alam



Hay Guys,
Pada kali ini, kita akan membahas materi mengenai karakterisasi senyawa organik bahan alam.
Pada metabolit, ada dua jenis metabolit. Yaitu metabolit primer dan metabolit sekunder.
Sebagaimana kita ketahui metabolit merupakan hasil dari proses metabolisme. Yang membedakan produk metabolisme primer dan sekunder adalah kalau metabolit primer produknya sama untuk semua organisme sedangkan metabolit sekunder bergantung pada spesies.
Contoh-contoh metabolit sekunder yaitu terpenoid, steroid, flavonoid, poliketida, alkaloid.
dibawah ini merupakan salah satu struktur alkaloid, saya mencontohkan yaitu penicilin. Penicilin memiliki beberapa turunan. Adapun struktur dari pecilin tersebut adalah.


Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh gugus gugus fungsi yang menyusun penicilin.
Posisi (1) Ketika atom sulfur cincin Thiazolidine dioksidasi menjadi sulfon atau sulfoksida, itu meningkatkan stabilitas asam, tetapi mengurangi aktivitas agen.
Posisi (2) Tidak ada penggantian yang memungkinkan pada posisi ini, perubahan apa pun akan menurunkan aktivitas. Grup metil diperlukan.
Posisi (3) Asam karboksilat Thiazolidine diperlukan untuk aktivitas. Jika itu berubah menjadi alkohol atau ester, aktivitas berkurang
Posisi (4) Nitrogen adalah suatu keharusan
Posisi (5) Tidak ada substitusi diperbolehkan


Permasalahan
 1. Senyawa apa yang dapat memoengaruhi alkaloid sehingga perannya sangat penting sekali dalam bidang pengobatan ?
2. Mengapa pada metabolit primer penggolongan dilakukan sampai 2 kali penggolongan? Jelaskan!
3. Mengapa pada terpenoid dapat dikatakan sebagai komponen minyak atsiri?

Komentar

  1. 1. Senyawa yang mengandung alkaloid adalah karena ia bersifat basa , sehingga nanti dapat mengganti basa mineral untuk mempertahankan kesetimbangan ion dalam tumbuhan, biasanya beberapa dari senyawa alkaloid ini berasal dari tumbuh tumbuhan misalnya seperti akar,batang,daun dan biji kemudian sifat yang basa ini juga sangat berpengaruh sekali peranannya dalam bidang pengobatan dan banyak juga contoh contoh tumbuhan yang mengandung senyawa alkaloid sehingga kegunaan tumbuhan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan secara tradisional.

    BalasHapus
  2. saya ruslan dengan nim a1c117028

    2. pada metabolit primer penggolongan pertama dilakukan secara makromolekul yaitu dibagi menjadi 4 ada karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat. kemudian penggolongan kedua dilakukan karena keragaman struktur yang akan menyebabkan sulit untuk di identifikasi, maka dari itu perlu dikelompokkan lagi menjadi 4 berdasarkan jalur biosintesisnya.

    terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  3. Saya emy yulia 064.
    Membantu menjawab no3. Terpenoid ini merupakan suatu komponen tumbuhan yang mempunyai bau dn dapat pula kita isolasi dari bahan nabati melalui penyulingan lalu lah didapat minyak atsiri tersebut. Minyak atsiri ini awalnya berasal dari bunga dengan penentuan struktur sederhana perbandingan antara atom hidrogen dengan karbon 8:5 dari perbandingan itula dikatakan senywa tersebut adalh golongan terpenoid.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Dalam Sintesis Senyawa Organik

Konformasi Struktur Dan Stereokimia

Prinsip-Prinsip Dalam Sintesis Senyawa Organik (Lanjutan)