Zat Warna & Kaitannya Dengan Spektroskopi UV-Vis


Spektrofotometri ultraviolet-terlihat atau spektroskopi ultraviolet-terlihat (UV-Vis atau UV/Vis) merupakan salah satu metode analisis yang memiliki prinsip spektrofotometri dan merupakan  proses pengukuran dalam tahap analisis dimana digunakan untuk menentukan komposisi suatu sampel baik secara kuantitatif dan kualitatif yang didasarkan pada interaksi antara materi dengan cahaya. Dan alat yang digunakan dalal spektrofotometri ini bernama spektrofotometer.

Yang dimaksud dengan ultraviolet terlihat yaitu sinar yang dapat dilihat oleh mata manusia dengan Panjang gelombang 400-800 nm dan memiliki energi sebesar 299-149 kJ/mol.

Penjelasan mengenai spektroskopi dan spektrofotometri ini hamper sama yaitu berdasarkan pada interaksi materi dengan radiasi elektromagnetik. Namun spektrofotometri memiliki pengertian yang lebih dalam dan sempit karena hanya ditujukan antara interaksi materi dan cahaya. Beda halnya dengan spektroskopi yang lebih umum.

Spektrofotometri Uv-Vis ini memiliki prinsip kerja yaitu: “adanya interaksi antara materi dengan cahaya yang memiliki Panjang gelombang tertentu”.

Permasalahan
1.    Bagaimana jika kita menganalisis suatu zat dengan menggunakan spektrofotometri, tetapi zat dalam larutan tersebut tidak berwarna? Apakah bisa dilakukan?
2.      Bagaimana proses pendeteksian sebuah dengan menggunakan alat spektrofotometer?
3.     Bagaimana hubungan antara sebuah spektofotometri dengan zat warna? Sedangkan sama-sama kita ketahui bahwa spektrofotometri itu kita ketahui sebuah gelombang. Apakah gelombang berkaitan dengan warna?

Komentar

  1. Hallo habib, saya ruslan rabani dengan nim a1c117028, coba membantu menyelesaikan permasalahan no 2

    Jadi mekanisme spektro uv-vis diawali dengan pemancaran sinar dari bagian polikromatis, atau sering disebut sinar polikromatis, selanjutnya masuk ke bagian monokromator dimana sinar akan dipilah panjang glombangnya, kemudian akan melelui cuvet tempat objek yg akan dianalisis setelah itu menembus dan masuk ke detektor yang akan mengubah cahaya sampel menjadi arus listrik dan kemudian ke read out tempat membaca hasil analisis dari objek

    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. Hai habib
    Saya akan coba menjawab permasalahan no 3
    Jadi hubungan antara penyerapan warna dengan panjang gelombang adalah semakin panjang gelombang yang diserap semakin gelap warna yang dihasilkan.

    BalasHapus
  3. 1. Menurut saya bisa, karena zat yang dapat dianalisis dengan spektrofotometri UV-Vis yaitu zat dalam bentuk larutan dan zat yang tampak berwarna maupun tidak berwarna.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Dalam Sintesis Senyawa Organik

Konformasi Struktur Dan Stereokimia

Prinsip-Prinsip Dalam Sintesis Senyawa Organik (Lanjutan)